Saturday, February 20, 2010

InfO mEnaRik





Palung Laut Terdalam di Dunia

Palung laut (bagian dasar laut terdalam yang bentuknya seperti jurang) Mariana berada di kerak bumi, di bawah pulau Mariana, Samudra Pasifik, Filipina. Kedalamannya mencapai 10.911 meter. Karena letaknya sangat dalam, tekanan air disekitar palung ini juga sangat besar yaitu 1.000 kali lebih besar dari tekanan udara di bumi. Meski palung ini gelap gulita, tetap ada kehidupan di sana. Binatang yang bisa hidup adalah sejenis udang kecil dan jenis ikan-ikan gepeng. Kapal selam robotik Kaiko milik Jepang menemukan sejenis plankton, foraminifera di sekitar palung. Binatang-binatang tersebut memiliki kulit yang keras tetapi tubuhnya lunak karena sedikitnya kalisium karbonat di kerak bumi yang brfungsi sebagai pembentuk tulang. Palung Mariana pertama kali ditemukanoleh Angkatan Laut Britania, Challanger II pada tahun 1951. Diperkirakan palung ini terbentuk 9 juta tahun yang lalu.
(Source : majalah Teen edisi 198)



Tempat Terpanas di dunia


Dasht-e Lut termasuk salah satu gurun besar di Iran. Gurun ini panjangnya 480 kilometer, lebar 320 kilometer. Kira-kira setengah pulau jawa deh. Gurun Lut dinyatakan sebagai tempat paling panas sedunia, dengan suhu mencapai 71 derajat Celcius. Seluruh permukaan gunung berwarna hitam dan lengket karena aliran lahar gunung berapi dan panasnya sinar Matahari. Tidak ada kehidupan di gurun Lut. Daerahnya gersang, cadas banget, ada terowongan angin di sana-sini, banyak jurang, banyak lubang dan disekitarnya dikelilingi oleh gurun pasir yang tingginya mencapai 300 meter. Bayangkan deh betapa dahsyatnya ciptaan Tuhan itu. Di daerah ini tidak banyak tambang minyak. Yang ada tambang tembaga dan logam-logam penting lainnya.
(source: teen edisi 198)



Pulau Berpenduduk Sedikit


Tristan de Curha terletak di Samudra Atlantik. Saking kecilnya, pulau ini tidak di tampakkkan di peta. Tapi kalau datang ke sana kamu akan melihat batu karang ,encuat setinggi 600 meter di pinggir pantai. Luas pulau ini Cuma 38 mil persegi. Penduduknya 272 orang dan hanya terbagi menjadi 8 nama keluarga. Tristan de Cunha memiliki kode pos Britania. Jadi kalau memesan barang atau memesan secara online, mereka menggunakan kode Britania. Barang pesenan datang luama buanget karena tidak ada bandar udara di sana. Di Tristan de Cunha ada 1 orang dokter yang bertugas sebagai dokter jaga. Penyakit yang banyak dijumpai adalah glaukoma dan asma. Udara di Tristan de Cunha sangat bersih. Penduduknya sehat-sehat. Penyakit menular biasanya ditularkan oleh para pedatang. Konon, separuh dari jumlah penduduk terserang penyakit asma. Mulanya itu disebabkan oleh perkawinan antar perempuan pendatang yang sakit asma dengan penduduk asli Tristan de Cunha. Jadilah keturunan mereka banyak yang berpenyakit asma. Apalagi di Tristan de Cunha banyak perkawinan antar keluarga (kamu tahu kan penyakit asma itu karena keturunan?). turis yang akan melancong harus booking dulu setengah tahun sebelumnya karena di sana tidak ada hotel. Jadi, kalau kamu mau kesana harus menginap di rumah-rumah keluarga. Nama marga yang banyak dijumpai adalah Greene.


Air Terjun Tertinggi di Dunia


Angel falls tercatat sebagai air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter. Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela. Angel Falls ditemukan oleh seorang penerbang Amerika bernama Jimmie Crawford Angel pada tahun 1963. Orang-orang India Pemon menyebut air terjun ini sebagai Auyan-tepui, yang artinya Gunung Selatan. Angel Falls merupakan tempat wisata paling terkenal di Venezuela. Oleh UNESCO Angel Falls dinyatakan sebagai situs warisan dunia. Sayangnya, nama yang sudah mendunia itu tinggal kenangan. Pada 20 Desember 2009 lalu Presiden Venuzuela Hugo Chaves mengubah nama Angel Falls menjadi lebih melokal, yaitu Kerepakupai-Meru yang artinya air terjun dari tempat terdalam. Kerepakupai-Meru adalah nama yang diberikan suku Indian Pemon sebelum Jimmie Angel menemukannya.


No comments:

Post a Comment